Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tech News

Legenda Si Raja Batak

Written By napitupulusipakko on Minggu, Januari 25, 2009 | Minggu, Januari 25, 2009

Konon di atas langit (banua ginjang, nagori atas) adalah seekor ayam bernama Manuk Manuk Hulambujati (MMH) berbadan sebesar kupu-kupu besar, namun telurnya sebesar periuk tanah.

MMH tidak mengerti bagaimana dia mengerami 3 butir telurnya yang demikian besar, sehingga ia bertanya kepada Mulajadi Na Bolon (Maha Pencipta) bagaimana caranya agar ketiga telur tersebut menetas.

Mulajadi Na Bolon berkata, "Eramilah seperti biasa, telur itu akan menetas!" Dan ketika menetas, MMH sangat terkejut karena ia tidak mengenal ketiga makhluk yang keluar dari telur tsb.

Kembali ia bertanya kepada Mulajadi Nabolon dan atas perintah Mulajadi Na Bolon, MMH memberi nama ketiga makhluk (manusia) tsb. Yang pertama lahir diberi nama TUAN BATARA GURU, yang kedua OMPU TUAN SORIPADA, dan yang ketiga OMPU TUAN MANGALABULAN, ketiganya adalah lelaki.

Setelah ketiga putranya dewasa, ia merasa bahwa mereka memerlukan seorang pendamping wanita. MMH kembali memohon dan Mulajadi Na Bolon mengirimkan 3 wanita cantik : SIBORU PAREME untuk istri Tuan Batara Guru, yang melahirkan 2 anak laki laki diberi nama TUAN SORI MUHAMMAD, dan DATU TANTAN DEBATA GURU MULIA dan 2 anak perempuan kembar bernama SIBORU SORBAJATI dan SIBORU DEAK PARUJAR. Anak kedua MMH, Tuan Soripada diberi istri bernama SIBORU PAROROT yang melahirkan anak laki-laki bernama TUAN SORIMANGARAJA sedangkan anak ketiga, Ompu Tuan Mangalabulan, diberi istri bernama SIBORU PANUTURI yang melahirkan TUAN DIPAMPAT TINGGI SABULAN.

Dari pasangan Ompu Tuan Soripada-Siboru Parorot, lahir anak ke-5 namun karena wujudnya seperti kadal, Ompu Tuan Soripada menghadap Mulajadi Na Bolon (Maha Pencipta). "Tidak apa apa, berilah nama SIRAJA ENDA ENDA," kata Mulajadi Na Bolon. Setelah anak-anak mereka dewasa, Ompu Tuan Soripada mendatangi abangnya, Tuan Batara Guru menanyakan bagaimana agar anak-anak mereka dikawinkan.

"Kawin dengan siapa? Anak perempuan saya mau dikawinkan kepada laki-laki mana?" tanya Tuan Batara Guru.
"Bagaimana kalau putri abang SIBORU SORBAJATI dikawinkan dengan anak saya Siraja Enda Enda. Mas kawin apapun akan kami penuhi, tetapi syaratnya putri abang yang mendatangi putra saya," kata Tuan Soripada agak kuatir, karena putranya berwujud kadal.
Akhirnya mereka sepakat. Pada waktu yang ditentukan Siboru Sorbajati mendatangai rumah Siraja Enda Enda dan sebelum masuk, dari luar ia bertanya apakah benar mereka dijodohkan. Siraja Enda Enda mengatakan benar, dan ia sangat gembira atas kedatangan calon istrinya.

Dipersilakannya Siboru Sorbajati naik ke rumah. Namun betapa terperanjatnya Siboru Sorbajati karena lelaki calon suaminya itu ternyata berwujud kadal.

Dengan perasaan kecewa ia pulang mengadu kepada abangnya Datu Tantan Debata. "Lebih baik saya mati daripada kawin dengan kadal," katanya terisak-isak.

"Jangan begitu adikku," kata Datu Tantan Debata. "Kami semua telah menyetujui bahwa itulah calon suamimu. Mas kawin yang sudah diterima ayah akan kita kembalikan 2 kali lipat jika kau menolak jadi istri Siraja Enda Enda." Siboru Sorbajati tetap menolak. Namun karena terus-menerus dibujuk, akhirnya hatinya luluh tetapi kepada ayahnya ia minta agar menggelar "gondang" karena ia ingin "manortor" (menari) semalam suntuk.

Permintaan itu dipenuhi Tuan Batara Guru. Maka sepanjang malam, Siboru Sorbajati manortor di hadapan keluarganya.

Menjelang matahari terbit, tiba-tiba tariannya (tortor) mulai aneh, tiba-tiba ia melompat ke "para-para" dan dari sana ia melompat ke "bonggor" kemudian ke halaman dan yang mengejutkan tubuhnya mendadak tertancap ke dalam tanah dan hilang terkubur! Keluarga Ompu Tuan Soripada amat terkejut mendengar calon menantunya hilang terkubur dan menuntut agar Keluarga Tuan Batara Guru memberikan putri ke-2 nya, Siboru Deak Parujar untuk Siraja Enda Enda.

Sama seperti Siboru Sorbajati, ia menolak keras. "Sorry ya, apa lagi saya," katanya.

Namun karena didesak terus, ia akhirnya mengalah tetapi syaratnya orang tuanya harus menggelar "gondang" semalam suntuk karena ia ingin "manortor" juga. Sama dengan kakaknya, menjelang matahari terbit tortornya mulai aneh dan mendadak ia melompat ke halaman dan menghilang ke arah laut di benua tengah (Banua Tonga).
Di tengah laut ia digigit lumba-lumba dan binatang laut lainnya dan ketika burung layang-layang lewat, ia minta bantuan diberikan tanah untuk tempat berpijak.

Sayangnya, tanah yang dibawa burung layang-layang hancur karena digoncang NAGA PADOHA.
Siboru Deak Parujar menemui Naga Padoha agar tidak menggoncang Banua Tonga.
"OK," katanya. "Sebenarnya aku tidak sengaja, kakiku rematik. Tolonglah sembuhkan."
Siboru Deak Parujar berhasil menyembuhkan dan kepada Mulajadi Na Bolon dia meminta alat pemasung untuk memasung Naga Padoha agar tidak mengganggu. Naga Padoha berhasil dipasung hingga ditimbun dengan tanah dan terbenam ke benua tengah (Banua Toru). Bila terjadi gempa, itu pertanda Naga Padoha sedang meronta di bawah sana.

Alkisah, Mulajadi Na Bolon menyuruh Siboru Deak Parujar kembali ke Benua Atas. Karena lebih senang tinggal di Banua Tonga (bumi), Mulajadi Na Bolon mengutus RAJA ODAP ODAP untuk menjadi suaminya dan mereka tinggal di SIANJUR MULA MULA di kaki gunung Pusuk Buhit.

Dari perkawinan mereka lahir 2 anak kembar : RAJA IHAT MANISIA (laki-laki) dan BORU ITAM MANISIA (perempuan).

Tidak dijelaskan Raja Ihat Manisia kawin dengan siapa, ia mempunyai 3 anak laki laki :
1. RAJA MIOK MIOK
2. PATUNDAL NA BEGU
3. AJI LAPAS LAPAS

Raja Miok Miok tinggal di Sianjur Mula Mula, karena 2 saudaranya pergi merantau karena mereka berselisih paham.

Raja Miok Miok mempunyai anak laki-laki bernama ENGBANUA, dan 3 Engbanua yaitu :
1a. RAJA UJUNG
1b.RAJA BONANG BONANG
1c.RAJA JAU

Konon Raja Ujung menjadi leluhur orang Aceh dan Raja Jau menjadi leluhur orang Nias. Sedangkan Raja Bonang Bonang (anak ke-2) memiliki anak bernama RAJA TANTAN DEBATA, dan anak dari Tantan Debata inilah disebut SI RAJA BATAK, YANG MENJADI LELUHUR ORANG BATAK DAN BERDIAM DI SIANJUR MULA MULA DI KAKI GUNUNG PUSUK BUHIT!

Minggu, Januari 25, 2009 | 0 komentar

Pegelaran Lomba Busana Adat Batak

Written By napitupulusipakko on Kamis, Januari 22, 2009 | Kamis, Januari 22, 2009






Taput, Gobatak – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara ( Taput ) melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya menggelar peragaan lomba busana tradisional adat batak, Senin (14/8) di Gedung Balai data bawah Kantor Bupati Taput.

Peragaan lomba busana tingkat sekolah se-kecamatan Taput ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Taput Drs.Frans A Sihombing,MM didampingi Kadis Pariwisata Seni dan Budaya Taput TP Nainggolan dan Asisten II Ir.Aman P Hutagaol dan turut serta dihadiri oleh sejumlah camat.
Dari 35 peserta lomba pihak panitia menetapkan 6 kontingen yang berhak mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Keluar sebagai juara I dengan perolehan nilai 360 adalah kontingen dari Kecamatan Siatas Barita, juara II dan III diraih kontingen Kecamatan Tarutung, juara IV dengan perolehan nilai 335 dari Kecamatan Adiankoting, juara harapan I berhasil diraih Kecamatan Purbatua, sedangkan juara harapan II diraih Kecamatan Parmonangan.

Wakil Bupati Taput dalam arahannya mengatakan, bahwa pembinaan generasi muda terhadap pemahaman dan pengetahuan seni dan budaya tradisional perlu dikembangkan melalui berbagai bentuk kegiatan perlombaan seni dan budaya. Disamping perlunya diberikan pemahaman-pemahaman akan pentingnya pelestarian nilai-nilai adat dan budaya.

“ Selain pegelaran lomba busana adat batak ini nantinya perlu juga diadakan lomba penulisan aksara batak dan atau lomba pidato aksara batak. Dan kedepan program ini akan segera diadakan, namun saat ini hal itu masih dalam tahap perencanaan. Nanti akan saya bicarakan dengan kadis pariwisata seni dan budaya,” ujar Frans A Sihombing.

Sedangkan TP Nainggolan kepada Gobatak Crew disela-sela acara lomba mengatakan, melalui pegelaran ini secara tidak langsung akan memberikan suatu pembelajaran kepada generasi muda tentang arti pentingnya pemahaman adat istiadat. Dan diharapkan dengan diadakannya pegelaran ini para generasi muda akan yang bina saat ini akan mau memperkenalkan kebudayaannya diluar Taput nantinya.

“ Jika suatu saat diantara peserta lomba ini berada diluar Taput bahkan diluar negeri maka diharapkan mereka mau mempromosikan kebudayaan daerahnya untuk menarik minat wisatawan datang ke Taput,” kata TP Nainggolan.

Saat ditanya tanggapannya mengenai diadakannya kembali program “Visit Tapanuli Year” TP Nainggolan mengatakan, hal itu merupakan suatu terobosan wisata yang sangat bagus. Namun lanjutnya, semua itu juga tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak misalnya Dinas Pariwisata Sumatera Utara. Disamping itu hendaknya program tersebut nantinya akan terlaksana bukan hanya di Taput saja, akan tetapi hendaknya berlaku di seluruh Kabupaten kawasan Danau Toba. (Hsl)

BONAPASOGIT FILE
Kamis, Januari 22, 2009 | 0 komentar

Come to You...Come to Me

Written By napitupulusipakko on Selasa, Januari 20, 2009 | Selasa, Januari 20, 2009



Tersebutlah cerita, akhirnya Purnama jadi juga dipersunting oleh  George Wallace dan diboyong ke  Melbourne. 
 
Sebagai perempuan Batak yang tegar dan penuh semangat, ada-ada saja  hal di rumah yang dikerjakannya. Suatu hari, ada pagar yang rusak  dan ia membutuhkan gergaji untuk memperbaikinya. Ia tidak tahu apa  kata Bahasa Inggeris untuk gergaji. Namun diberanikannya juga dirinya pergi ke hardware store" dan berkata kepada si penjaga  toko: "Mister, do you have....come to you...come to me....come to 
 you....come to me...." sambil memperagakan kedua tangannya dalam  gerakan menggergaji.
 
Selasa, Januari 20, 2009 | 0 komentar

Bawa Oleh-Oleh Mangga dari Toba ke Bandung

Written By napitupulusipakko on Minggu, Januari 18, 2009 | Minggu, Januari 18, 2009

Satu waktu seorang Bapak yang baru datang dari Toba mengunjungi anaknya yang sudah lama merantau di Bandung. Setelah beberapa hari tinggal di rumah anaknya dia pun bermaksud mengunjungi familinya yang tidak jauh tinggalnya dari tempat kost anaknya di perkampungan yang padat dan harus melewati gang-gang. Dia pun membeli 2 kg mangga sebagai oleh-oleh.

Di perjalananan karena gangnya memang sempit, setiap kali dia melewati orang-orang yang sedang duduk depan rumahnya, si Bapak mengatakan permisi dan disahut mangga. Si Bapak merasa heran, kok mereka tahu ya saya bawa mangga? Lalu diberikannya sebuah mangga kepada orang tersebut, demikian seterusnya setiap kali dia mengatakan permisi dan disahut mangga, dia memberikan sebuah mangga. Sampai akhirnya habislah mangga yang dibelinya tersebut.

Sesampai di rumah kerabatnya, dia pun menceritakan bahwa tadinya dia membawa mangga untuk oleh-oleh, tetapi diperjalanan habis diminta orang-orang. Dia pun menceritakan apa yang dialaminya dan kerabatnya itu pun tertawa terbahak-bahak...

 
Minggu, Januari 18, 2009 | 0 komentar

SEJARAH TUGU RAJA TOGA LAUT PARDEDE

Written By napitupulusipakko on Kamis, Januari 15, 2009 | Kamis, Januari 15, 2009



SEJARAH PEMBANGUNAN TUGU RAJA TOGA LAUT PARDEDE
(Th.Pardede)

Lumban Jabi-jabi adalah sebuah perkampungan yang dihuni/ditempati oleh keturunan Raja Sonakmalela terbungsu,bungsu dari Raja Sonakmalela dan bungsu dari Raja Bona ni onan Pardede, dan bungsu dari Raja Paindoan yaitu Raja Toga Laut Pardede dengan keturunannya. Dan sejak dahulu Lumban Jabi-jabi adalah tempat pertemuan Raja-raja batak setiap hari Jumat (hingga sekarang hari pekan/ pasar di Balige Raja adalah hari Jumat . (DR. L.Manik)

Lumban Jabi-jabi berlokasi dipusat kota Balige, dan di Lumban ini ada sebuah sumber mata air yang sangat jernih (mual Jabi-jabi), menurut ceritanya, semua raja-raja batak dahulu termasuk Sisinga mangaraja ke XI pernah maranggir dimual ini.

Perpindahan keturunan Raja Toga Laut dari Lumban jabi-jabi, ke Hauma bange, sangat berkaitan dengan perlawanan opung Guru somalaing Pardede dengan saudara-saudaranya terhadap Belanda dan juga oleh karena Lumban Jabi-jabi smenjadi pusat kegiatan pejuang-pejuang Batak yang dipelopori Guru Somalaing Pardede, dan Lumban Jabi-jabi juga disebut “Balobung” karena pejuang-pejuang penentang Belanda yang menjadi buron selalu mencari perlindungan ke Lumban Jabi-jabi.

Oleh karenanya segala cara diupayakan oleh Belanda untuk mematahkan perjuangan beliau yang sangat gigih, karena Opung Guru Somalaing mengadakan perlawanan terhadap belanda bukan saja dengan fisik tetapi juga dengan kekuatan spiritual (menggalang keyakinan asli orang-orang Batak melalui Parmalim), Kekuatan Spritual inilah membuat Belanda kewalahan, maka sangat perlu bagi Belanda segera melumpuhkan kekuatan Guru Somalaing Pardede dahulu, Guru Somalaing tidak surut mengadakan perlawanan meskipun Lumban Jabi-jabi telah dikuasai Belanda , beliau terus melanjutkan perlawan hingga ke Parsoburan, pada tahun 1896 terjadi pertempuran disana selama sebelas hari . Belanda bertekad menangkap Guru Somalaing Pardede hidup-hidup yang kemudian akhirnya tertangkap dan pada tanggal 15 maret 1896 yang kemudian Beliau diasingkan ke pulau Jawa melalui pelabuhan Sibolga (DR.L.Manik)

Setelah tertangkapnya Guru Somalaing Pardede maka akhirnya keturunan Raja Toga Laut mencari perlindungan atau pengungsian termasuk ke Lumban Haumabange, yang akhirnya Belanda mensyahkan sebagai perkampungan dari keturunan Raja toga Laut yang kebetulan lumban tersebut masih bagian wilayah dari Paindoan. ( Dokumen Belanda).

Dilumban ini juga dimakam kan Raja Toga laut dan anak-anaknya dan omp. Panaluksuk dan lainnya. Setelah Belanda menguasai Lumban Jabi-jabi, maka lokasi pemakaman tersebut tidak terawat lagi menjadi semak penuh dengan tanaman sipaet-paet.

Pada tahun 1953 dibangunlah Tugu Raja Toga Laut dimana dulunya Opung Raja Toga Laut dimakamkan.

Pada Tahun 1956 Beberapa Orang Tua dari Pardede bermufakat dan sepakat untuk merenovasi Tugu Raja Toga Laut Pardede.dengan biaya ± Rp. 1.570.000,-

Kembali keturunan Raja Toga laut mendapat cobaan sehubungan status tanah Lumban jabi-jabi Pemda Taput pada saat itu dipimpin Bupati SM. Simanjuntak, seorang putra Batak, mengclaim tanah Lumban jabi-jabi adalah milik pemerintah dengan alasan pengalihan kekuasaan dari Belanda tanpa mempertimbangkan sejarah, kenapa Belanda Menguasai Lumban tersebut, juga SM. Simanjuntak sebagai putra Batak tidak meng-hormati hukum adat dan Budaya Batak, pembongkaran Tugu sangat tidak diperbolehkan aleh hukum adaat Batak, dan penghinaan terhadap keturunannya.

Pada Tanggal 5 Januari 1962 sekitar pukul 8.00 pagi dilaksanakan pembongkaran, semula hanya dengan pecok, martil dan linggis tetapi upaya tersebut tidak berhasil maka dipergunakan alat peledak (dinamit), pembongkaran tugu terbut berlangsung selama 8 (delapan) hari. Meskipun hasilnya tidak seperti diharapkan Bupati, pembangunan Lapangan Tennis terus dilakukan sedangkan puing-puing dibiarkan menumpuk disekitarnya.

Perlu diketahui niat Pemerintah untuk pembongkaran Tugu tersebut, mendapat perlawanan dari semua keturunan Raja Toga Laut dengan berbagai bentuk perlawanan, hal ini dilakukan mereka sesuai dengan pertimbangan situasi pada saat itu (Pemberontakan PPRI), dan pada saat itu daerah Taput dikuasai Pasukan Siliwangi dan pasukan Bukit Barisan, situasi saat itu sangat rawan.mengadakan perlawanan berarti pemberontak, menolak kebijakan pemerintak

Karena hal tersebut diatas belum pernah terjadi ditanah Batak, dan keturunan Raja Toga Laut tidak berdaya melakukan perlawanan terhadap pemerintah yang diatas namakan oleh Bupat Taput SM.Simanjuntak, maka semua keturunan Raja Sonakmalela ikut prihatin melihat penekanan, penghinaan terhadap adik siapudan mereka oleh pemerintah (sejak pemerintahan Belanda samapai pemerintah Republik Indonesia), dengan kata lain “Lungun ni angina lungunni haha na doi, jala lungun ni haha na lungunni angina doi.”, yang artinya “ Kesusahan adiknya juga kesusahan abangnya, dan kesusahan abangnya juga kesusahan adiknya.” Dengan demkian pada

Pada tanggal 12 Januari 1962, atas nama Keturunan Raja Sonakmalela juga mengadakan tuntutan kepada pemerintah sebagai saport kepada anggi doli mereka keturunan Raja Toga Laut Pardede yang terus melakukan penuntutan hak.Mereka saling mendukung untuk mendapatkan hakmilik mereka, yang akhirnya berbuah hasil, dengan keluarnya surat dari Panglima Kodam II Bukit Barisan, Nomor: PP/K-007/62 tertanggal 24 Maret 1962 yang menyatakan “bersedia membangun kembali Tambak/Tugu Toga Laut Pardede.

Lobe tinggi Pardede terus mengadakan kontak dengan Panglima Kodam II Bukit Barisan yang kebetulan saat itu adalah Kolonel A.Manaf Lubis, karena beliau ragu kalau surat Panglima tersebut tidak direalisasikan segera, maka kemudian disusul dengan surat kedua dari Panglima Kodam II Bukit Barisan, Nomor Pedarmilda/sp-007/3/1963, bertanggal 27 Maret 1963 yang isinya menyatakan kesedian membangun Tambak/ Tugu Toga Laut Pardede, yang ditanda tangani oleh Kolonel A.Manaf Lubis Nrp:12186, Apa yang dikhawatirkan oleh Keturunan Raja Toga Laut Pardede menjadi kenyataan, pem-bangunan kembali Tambak/Tugu tidak juga terwujud dengan alas an pemerintah akibat situasi Politik dan Ekonomi yang tidak kondusif.

Pada tanggal 17 Agustus 1969 Pihak Kodam II Bukit Barisan datang menemui A.Pardede sebagai Ketua Panitia Pembangunan kembali Tugu Raja Toga Laut Pardede, untuk menyerahkan surat yang berhubungan dengan pembangunan Tugu Raja Toga Laut. Namun pada saat itu pada waktu yang sama A. Pardede meninggal dan disemayamkan dikediamannya Losmen Toga Laut Tawar Balige sedang dikelilingi sanak keluarga, melihat situasi berkabung tersebut maka utusan Kodam II mengurung niat mereka,

Pada Tanggal 10 April 1974 utusan keturunan Raja Toga Laut yaitu H.Pardede dan S.Pardede kembali menemui Panglima Kodam II Bukit Barisan di Medan, hasilnya dikeluarkan pihak Kodam II surat ber Nomor K229/1974 tanggal 11 April 1974 yang isinya menyetujui pengembalian /Pembangunan Tambak/Tugu Raja Toga Laut Pardede sebagaimana semula atau sesuai ditempat yang pantas .

Rencana itupun tidak juga dapat direalisasikan karena beberapa factor, terutama kondisi kedua tokoh yang di percayakan untuk mengurus, keduanya orang-orang sibuk, karena kesibukan mereka maka tahun 1980, H.Pardede dan S.Pardede mempercayakan pengurusan tersebut kepada Opung Podang Pardede yang kebetulan beliau dikenal dikalangan pemerintahan sebagai tokoh Spritual Batak, dengan imbalan satu kaleng eme dari setiap anggota keturunan Raja Toga Laut Pardede. Tugas itupun tidak dapat diwujudkan sampai beliau meninggal di Medan.

Pada tahun 2007 terbentuk panitia persiapan atau panitia pengantar Pembangunan Raja Toga Laut Pardede di Jakarta di kantor B.Pardede di Pisangan baru dengan susunan pengurus sbb :

Ketua : J.Pardede
Ketua I: B.Pardede
Ketua II: T.H.Pardede
Ketua III: R.Pardede
Seketaris I : S.Pardede
Seketaris II: A.M.Pardede
BendaharaI; T. Pardede
Bendahara II: Ny. A.Pardede
Penasehat I: T.Pardede
Penasehat II: E.Pardede
Penasehat III: O.Pardede

Kemudian sebagai tindak nyata maka Panitia dengan beberapa keturunan Raja Toga Laut Pardede berangkat ke Bonapasogit show force atau dengan kata lain membuat ikrar bersama dan tekad untuk membangun Tambak/ Tugu Raja Toga Laut lebih dahaulu tanpa mengandalkan bantuan dari Kodam atau Pemerintah, yang akhirnya Panitia akan berusaha mengadakan tuntutan atau melanjutkan tuntutan kembali kepada Pemerintah.

Mari kita berdoa agar Tuhan Selalu membantu cita-cita kita yang luhur ini, dan saya sebagai penyimpul sejarah Tugu Raja Toga Laut Pardede, yang berdasarkan cerita/ Sumber:

1. Haji Abdul Halim Pardede (alias Lobe Tinggi Pardede),
2. A,Pardede (amanToga Pardede),
3. Opung Sittua Rudolf Pardede,
4. Ito Ny. Tampubolon ,
5. Opung pai 5(Omp. SiBosar),
6. Bapa Uda I.Pardede (omp si Luhut), dan
7. Bapa uda T.Pardede
8. DR. L Manik.(berdasarkan penelitian beliau di Museum Leiden sehubungan dengan rencana beliau membuat Buku Sejarah Guru Somalaing Aji Pardede)

Terima kasih – Horas.
Kamis, Januari 15, 2009 | 0 komentar

Anjing dan Taik

Written By napitupulusipakko on Jumat, Januari 09, 2009 | Jumat, Januari 09, 2009

Konon kabarnya, T.D. Pardede--konglomerat Sumatera Utara di tahun 60- an itu--pernah marah besar kepada seorang pemain bolanya karena membuat blunder dan menyebabkan Pardedetex--kesebelasan kebanggaannya itu--kalah.

"Anjing kau," katanya, lalu mengumbar berbagai kekesalan hatinya kepada si pemain.

Seorang pembantu "Pak Ketua" terkejut mendengar ucapan itu dan berkata, "Pak, janganlah sekasar itu. Janganlah sebut dia anjing.."

T.D. Pardede balik melotot kepada pembantunya dan berkata, "Sudah bagus dia kubilang anjing. Kalau kubilang taik? Dimakan anjinglah dia..."

Jumat, Januari 09, 2009 | 0 komentar
Diberdayakan oleh Blogger.

Manusia Batak

Pengunjung

Flag Counter

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *




Kunjungan Presiden RI

Event Sipakko

Daftar Blog Saya